Lima Aturan Yang Secara Dramatis Dapat Mengurangi Kecelakaan Di Jalan Raya

Use Of The Smith 5 Keys® Provides: SPACE for the vehicle VISIBILITY for the driver TIME to make decisions

Use Of The Smith 5 Keys® Provides: SPACE for the vehicle VISIBILITY for the driver TIME to make decisions

Mari menjadikan jalan tempat yang aman dengan menggunakan metode Harold Smith, seorang driver yang berpengalaman. Ia menciptakan “The Smith System” yang  mengikuti lima aturan yang secara dramatis dapat mengurangi kecelakaan di jalan raya:

1. Aim High (Melihat Setinggi Kemudi)
Aturan pertama untuk metode ini adalah “Melihat setinggi kemudi”. Tetap waspada dari bahaya dan lalu lintas di depan tidak hanya menghindari tabrakan dari belakang, tetapi juga memberitahu pengemudi lain di belakang kendaraan Anda untuk memperlambat kendaraanya. Pengemudi harus mengarahkan dan memfokuskan perhatian mereka setinggi kemudi, sehingga melihat jalan secara keseluruhan, bukan hanya beberapa meter di depan.

2. The Big Picture (Berfikir Secara Luas)
“Sadar lingkungan Anda setiap saat mengemudi”, mungkin tampak mudah untuk dikatakan, tapi pengemudi yang terganggu pandangannya sama berbahayanya dengan yang sedang mabuk. Driver yang tidak menentu dan pemarah pemandangan sebagian besar lalu lintas yang kita lihat sehari-hari, sehingga kita perlu menghindari kecelakaan besar dengan memperhatikan bagaimana driver lain berperilaku di jalan. Memiliki seluruh gambaran di jalan, berarti  melakukan bagian untuk menjaga Anda seaman mungkin sementara kendaraan bergerak cepat. Ada berbagai bahaya antara kendaraan kita sendiri dan driver lainnya, dan kesadaran yang tajam akan bahaya akan mengurangi risiko ini.

3. Keep Your Eyes Moving (Jaga Mata Anda Terus Bergerak)
Standar ketiga dari Sistem Smith meminta driver untuk tetap waspada. Dengan minuman energi kita dapat mengemudi lama, namun akan menyebabkan tubuh lelah dan kecelakaan karena setiap gerakannya mengirim kita pada kondisi tidak sadar. Gerakan mata yang konsisten mencegah tubuh Anda dari memasuki kondisi tidak sadar, menjaga Anda waspada terhadap setiap kondisi mengemudi di depan Anda.

4. Leave Yourself an Out (Kondisikan Diri Untuk Jalan Keluar)
Prinsip keempat dari Sistem Smith menyatakan untuk mengkondisikan diri jalan keluar. Ini berarti memastikan bahwa pengemudi lain tidak menghalangi ketika  Anda ikuti  jalur mereka. Jangan mengikuti kendaraan lain terlalu dekat, dan selalu mengantisipasi pilihan apa yang dibuat driver lain.

5. Make Sure They See You  (Pastikan Mereka Melihat Anda)
Aturan terakhir untuk Sistem Smith adalah “Pastikan Anda Dapat Dilihat”. Aturan ini mencegah kecelakaan dengan menghapus asumsi yang dibuat seorang pengemudi. Sebagai sopir, pastikan bahwa pengemudi lain dapat melihat Anda dan mengantisipasi langkah Anda. Jika Anda merasa Anda datang pada “titik buta” (blind spot) pengemudi lain, gunakan klakson atau lampu untuk mendapatkan perhatian mereka. Hal berbahaya bila seorang driver mengasumsikan pengemudi lain dapat melihat kita, menganggap pengemudi lain yang tidak berbahaya, atau bahkan menganggap bahwa kita akan sampai ke tujuan dengan aman tanpa memperdulikan pengemudi lain.

Leave a Reply