Greed is Good: Adakah Kapitalisme Mencintai Manusia Seutuhnya?

Greed is Good ~ Gordon Gekko (Wall Street)

Greed is Good ~ Gordon Gekko (Wall Street)

Greed is Good adalah kutipan yang dikaitkan dengan Gordon Gekko, dimainkan oleh Michael Douglas, dalam film Wall Street, disutradarai oleh Oliver Stone (1987).

Adegan ini muncul di tengah-tengah film Wall Street, ketika pialang saham Gordon Gekko membela diri terhadap tuduhan bahwa dia terlalu serakah. Gordon menjelaskan bahwa keserakahan bukanlah hal yang buruk. Sebenarnya, kerinduan (atau keserakahan, jika Anda mau) untuk maju adalah apa yang sebenarnya telah membuat Amerika hebat. Kita bisa mendengar tepuk tangan dari sini.

Masalahnya adalah Gordon tidak pernah benar-benar mengatakan, “Greed is Good / Keserakahan itu baik”. Bahkan, dia sengaja melembutkannya dengan menyebutnya  semangat untuk maju ini hanyalah sebuah keserakahan, serta merasa “karena tidak ada kata yang lebih baik.” Ini adalah cara cerdas untuk memutar fakta bahwa orang lain telah memanggilnya seorang brengsek yang serakah. Tentunya kita tahu, keserakahan mungkin salah satu dari tujuh dosa yang sulit diampuni..

Memang susah, apalagi di Indonesia sekarang ketimpangan sosial begitu terlihat semakin nyata. Yang ada malah anak-anak sejak kecil punya cita-cita yang sepertinya diarahkan untuk jadi orang kaya, mengingat kesulitan hidup yang dihadapi, belum lagi di tengah godaan konsumerisme dan racun dari televisi yang sudah merasuk di benak anak-anak sekarang. Coba saja sekarang kebanyakan adalah karena tidak mau punya kehidupan susah, cita-cita anak ingin membahagiakan orang tua dengan gambaran menyenangkan dalam arti pencapaian sukses secara materi belaka. Jadi bukan lagi keluhuran, ketulusan dan idealisme dari suatu profesi yang dijunjung, tapi profesi semata-mata hanya jadi jalan masuk atau batu loncatan hanya demi mengejar materi dan untuk jadi kaya semata. Yah konsekuensi tercebur dalam dunia kapitalis tanpa fondasi yang kuat. Greed is Good jadinya.

Betul…..sepertinya jangan mencampur adukan proses (tujuan taktis) dengan hasil keluaran (tujuan strategis)…..Umat manusia bukan hanya butuh nasi dan Mercy namun butuh kesempatan dan pengakuan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.